Tuesday, July 26, 2016

Kamis Dan Numpak Bis

Seperti biasa terjadi obrolan dengan sedikit atau bahklan sering salah paham antara saya dengan ibu. Diliputi rasa sedikit malas untuk menuliskan sesuatu, sehingga saya cukup dengan menggunakan bahasa isyarat yang kenyataannya malah menimbulkan pengertian yang sama sekali tidak berhubungan. Seperti yang terjadi minggu lalu, Ibu menanyakan hari apa ini...?, saya jawab singkat dengan isyarat : Kamis atau dengan suara pelan namun berharap dapat ditangkap segera. Jawaban Ibu malah sambil ucap dengan seru : Opo, Numpak Bis...?. Hehehehe, para pembaca yang baik hati, bagaimana rasanya mendengar langsung jawaban ini. Tentu mengingatkan kita dan siapa saja yang pernah atau sekarang memiliki anak anak kecil atau Balita ( Bawah Lima Tahun ).

Saya pun teringat akan sebuah ayat dalam Surah Yasin, yang biasa dipakai kalangan atau sebagian saudara muslim kita buat acara tahlilan dan yasinan. Ayat itu terletak bagian akhir atau ruku' akhir surah Yasin yang terjemahannya sebagai berikut, yakni QS Yasin ayat 68. 

68. Dan barangsiapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada kejadian (nya). Maka apakah mereka tidak memikirkan?

Demikianlah Gusti Alloh SWT mengingatkan manusia, jikalau mempunyai orang tua baik lengkap atau tinggal satu saja untuk selalu mengambil hikmah dari ayat ini dan memaklumi keadaan mereka.

No comments: